Label 1

Toefl Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Apa itu Toefl? dan apa saja jenis-jenis Toefl?

 Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah tes standar untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dari penutur asli yang ingin mendaftar di universitas berbahasa Inggris. Tes ini diterima oleh banyak institusi akademis dan profesional berbahasa Inggris. TOEFL adalah salah satu dari dua tes bahasa Inggris utama di dunia, yang lainnya adalah IELTS.

TOEFL adalah merek dagang dari Educational Testing Service (ETS), sebuah organisasi nirlaba swasta, yang merancang dan mengelola tes. ETS mengeluarkan laporan skor resmi yang dikirim secara independen ke institusi dan berlaku selama dua tahun setelah tes.


TOEFL ADALAH


Internet-based Test (iBT) atau Tes berbasis internet

Sejak diperkenalkan pada akhir 2005, format TOEFL Internet-based Test (iBT) secara bertahap telah menggantikan tes berbasis komputer (CBT) dan tes berbasis kertas (PBT), meskipun pengujian berbasis kertas masih digunakan di area tertentu. Tes TOEFL iBT telah diperkenalkan secara bertahap, di Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, dan Italia pada tahun 2005 dan seluruh dunia pada tahun 2006, dengan pusat tes ditambahkan secara teratur. CBT dihentikan pada September 2006 dan skor ini tidak lagi valid [butuh rujukan].

Awalnya, permintaan kursi tes lebih tinggi daripada ketersediaan, dan kandidat harus menunggu berbulan-bulan. Sekarang tes ini dapat dilakukan dalam satu hingga empat minggu di sebagian besar negara. Tes empat jam terdiri dari empat bagian, masing-masing mengukur salah satu keterampilan bahasa dasar (sementara beberapa tugas memerlukan integrasi beberapa keterampilan), dan semua tugas berfokus pada bahasa yang digunakan dalam lingkungan akademis dan pendidikan tinggi. Pencatatan diperbolehkan selama tes TOEFL iBT. Tes tidak dapat diambil lebih dari sekali setiap 3 hari, mulai dari September 2019. 


Reading Test

Bagian Reading terdiri dari pertanyaan tentang 3-4 bagian, masing-masing panjangnya kira-kira 700 kata dan dengan 10 pertanyaan. Bagian-bagiannya tentang topik akademis; mereka adalah jenis materi yang dapat ditemukan dalam buku teks universitas sarjana. Bagian ini membutuhkan pemahaman tentang fungsi retoris seperti sebab-akibat, perbandingan-kontras dan argumentasi. peserta harus menjawab pertanyaan tentang ide utama, detail, kesimpulan, informasi penting, penyisipan kalimat, kosa kata, tujuan retoris dan ide keseluruhan. Jenis pertanyaan baru dalam tes TOEFL iBT memerlukan pengisian tabel atau penyelesaian ringkasan. Pengetahuan sebelumnya tentang subjek yang sedang dibahas tidak diperlukan untuk sampai pada jawaban yang benar.


Listening Test

Bagian Listening terdiri dari pertanyaan mulai dari 2-3 percakapan dengan masing-masing 5 pertanyaan, dan 5-7 percakapan dengan 6 pertanyaan masing-masing. Setiap percakapan berdurasi 2,5-3 menit dan percakapan berdurasi 4,5-5,5 menit. Percakapan melibatkan seorang siswa dan profesor atau penyedia layanan kampus. percakapan meliputi bagian mandiri dari kuliah akademik, yang mungkin melibatkan partisipasi mahasiswa dan tidak mengasumsikan latar belakang pengetahuan khusus di bidang subjek. Setiap percakapan di bagian listening hanya di putar sekali. Peserta tes dapat membuat catatan saat mereka mendengarkan dan mereka dapat merujuk pada catatan mereka saat menjawab pertanyaan. Soal listening dimaksudkan untuk mengukur kemampuan memahami ide pokok, detail penting, implikasi, hubungan antar ide, organisasi informasi, tujuan pembicara dan sikap pembicara.


Speaking Test

Bagian Speaking terdiri dari 4 tugas: 1 independen (Tugas 1) dan 3 terintegrasi (Tugas 2, 3, 4). Dalam tugas 1, peserta tes menjawab pertanyaan opini tentang topik yang sudah dikenal. Mereka dinilai berdasarkan kemampuannya untuk berbicara secara spontan dan menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan koheren. Dalam tugas 2 dan 4, peserta tes membaca bagian pendek, mendengarkan ceramah akademis atau percakapan tentang kehidupan kampus dan menjawab pertanyaan dengan menggabungkan informasi yang sesuai dari teks dan percakapan. Dalam tugas 3, peserta tes mendengarkan kuliah kursus akademik dan kemudian menanggapi pertanyaan tentang apa yang mereka dengar. Dalam tugas terpadu, peserta tes dievaluasi kemampuannya untuk mensintesis dengan tepat dan secara efektif menyampaikan informasi dari bahan membaca dan mendengarkan. Peserta tes dapat membuat catatan saat mereka membaca dan mendengarkan dan dapat menggunakan catatan mereka untuk membantu mempersiapkan tanggapan mereka. Peserta tes diberi waktu persiapan yang singkat sebelum mereka harus mulai berbicara. Tanggapan dicatat secara digital, dikirim ke Jaringan Penilaian Online (OSN) ETS, dan dievaluasi oleh tiga sampai enam penilai.


Writing Test

Bagian Writing mengukur kemampuan peserta tes untuk menulis dalam lingkungan akademis dan terdiri dari dua tugas: satu terintegrasi dan satu mandiri. Dalam tugas terpadu, peserta tes membaca satu bagian tentang topik akademis dan kemudian mendengarkan pembicara mendiskusikannya. Peserta tes kemudian menulis ringkasan tentang poin-poin penting dalam petikan mendengarkan dan menjelaskan bagaimana ini berhubungan dengan poin-poin kunci dari petikan bacaan. Dalam tugas independen, peserta tes harus menulis esai yang menyatakan pendapat atau pilihan mereka, dan kemudian menjelaskannya, bukan hanya mencantumkan preferensi atau pilihan pribadi. Tanggapan dikirim ke ETS OSN dan dievaluasi oleh setidaknya 3 penilai yang berbeda.


Bagian test

Deskripsi

Perkiraan waktu

Reading

3-4 bagian, setiap bagian 10 pertanyaan

54-72 menit

Listening

5-7 bagian, setiap bagian 5–6 pertanyaan

41-57 menit

Istirahat

Istirahat wajib

10 menit

Speaking

4 tugas

17 menit

Writing

2 tugas

50 menit


Salah satu bagian dari tes ini akan memasukkan materi ekstra yang tidak terhitung. Layanan Pengujian Pendidikan mencakup materi tambahan untuk pertanyaan uji coba untuk formulir tes di masa mendatang. Ketika peserta tes diberikan bagian yang lebih panjang, mereka harus memberikan upaya yang sama untuk semua soal karena mereka tidak tahu soal mana yang akan dihitung dan mana yang akan dianggap ekstra. Misalnya, jika ada empat bacaan dan bukan tiga, maka salah satu bacaan tidak akan dihitung. Salah satu dari empat bisa menjadi yang tak terhitung.


Paper-delivered Test

TOEFL PDT adalah tes resmi untuk digunakan di mana tes internet tidak tersedia, biasanya karena masalah internet & komputer.

Ini terdiri dari bagian Listening, Reading, dan Writing, dengan skor yang memiliki skala yang sama dengan Tes Berbasis Internet. Tidak ada skor total.


Paper-based test

Tes berbasis kertas (PBT) TOEFL masih tersedia di wilayah terbatas hingga tahun 2017, saat digantikan oleh tes berbasis kertas. Skor berlaku selama dua tahun setelah tanggal tes, dan peserta tes dapat meminta skor mereka dikirim ke institusi atau waktu tatap muka. 


Listening (30-40 menit)

Bagian Mendengarkan terdiri dari 3 bagian. Yang pertama berisi 30 pertanyaan tentang percakapan singkat. Bagian kedua berisi 8 pertanyaan tentang percakapan yang lebih lama. Bagian terakhir menanyakan 12 pertanyaan tentang ceramah atau ceramah. Pertanyaan yang lebih sulit bernilai dua nilai.


Structure dan ExpressionTertulis (25 menit)

Bagian Struktur dan Ekspresi Tertulis memiliki 15 latihan menyelesaikan kalimat dengan benar dan 25 latihan mengidentifikasi kesalahan. Pertanyaan yang lebih sulit bernilai dua nilai.


Reading Comprehension (55 menit)

Bagian Pemahaman Bacaan memiliki 50 pertanyaan tentang bacaan. Pertanyaan yang lebih sulit bernilai dua nilai.


Writing (30 menit)

Administrasi TOEFL PBT termasuk tes menulis yang disebut Test of Written English (TWE). Ini adalah satu pertanyaan esai dengan rata-rata 250-300 kata.


Nilai ujian Test Toefl

Tes TOEFL iBT

Tes TOEFL iBT dinilai dari skala 0 hingga 120 poin.

Masing-masing dari empat bagian (Reading, Listening, Speaking, dan Writing) menerima skor berskala dari 0 hingga 30. Skor berskala dari empat bagian dijumlahkan untuk menentukan skor total.

Bagian Reading dan Listening diuji terlebih dahulu, diikuti dengan istirahat sepuluh menit. Bagian berbicara dan menulis kemudian diselesaikan setelah istirahat. Maksimal 203 menit diperbolehkan untuk menyelesaikan seluruh proses ujian. 

Setiap pertanyaan Speaking awalnya diberi skor mentah 0 hingga 4, dengan kenaikan 1 poin, dan setiap pertanyaan tertulis awalnya diberi skor mentah 0,0 hingga 5,0, dengan kenaikan 0,5 poin. Skor ini dikonversi ke skor berskala 0 hingga 30.

Paper-based test

Skor PBT akhir berkisar antara 0 dan 677 dan didasarkan pada tiga subskor: Listening (0–68), Structure (0–68), dan Reading (0–67). Skor kelulusan minimum adalah 310, yang sesuai dengan 31 skor untuk setiap bagian. Mendapatkan 309 skor atau kurang menghasilkan kegagalan dan perlu mencoba lagi. Berbeda dengan CBT, skor komponen Menulis (disebut sebagai Test of Written English, TWE) bukan bagian dari skor akhir; sebagai gantinya, dilaporkan secara terpisah pada skala 0–6.

Skor yang diterima peserta tes pada bagian Listening, Structure dan Readingdari tes TOEFL bukan persentase jawaban yang benar. Skor tersebut diubah untuk memperhitungkan fakta bahwa beberapa tes lebih sulit daripada yang lain. Skor yang dikonversi mengoreksi perbedaan ini. Oleh karena itu, skor yang dikonversi merupakan cerminan kemampuan yang lebih akurat daripada skor mentah.

TOEFL PBT dihentikan pada akhir Mei 2017. Pengujian resmi di area tanpa internet atau komputer sekarang menggunakan TOEFL PDT. 


Skor TOEFL yang Diterima

Sebagian besar perguruan tinggi menggunakan skor TOEFL hanya sebagai satu faktor dalam proses penerimaan mereka, dengan perguruan tinggi atau program di dalam perguruan tinggi sering kali menetapkan skor TOEFL minimum yang diperlukan. Skor TOEFL iBT minimum berkisar dari 71 (Bowling Green State University) hingga 110 (University of Oxford). 


Tes TOEFL ITP

TOEFL ITP ("ITP" adalah singkatan dari "Institutional Testing Program") tes berbasis kertas dan menggunakan konten akademis untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris dari penutur bahasa Inggris non-native. Tes ini menggunakan soal tes TOEFL yang baru dan sebelumnya diberikan dan digunakan untuk penempatan, kemajuan, evaluasi, tes keluar dan situasi lainnya. Nilai tes, format dan isi tes cocok dengan "TOEFL PBT", dengan pengecualian tidak termasuk TWE (Test of Written Expression).

Berbeda dengan tes TOEFL iBT dan PBT, tes TOEFL ITP dilakukan oleh institusi dan untuk penggunaan internal. Ini seharusnya tidak menggantikan kebutuhan untuk tes TOEFL iBT, yang dikelola dengan aman dan mencakup komponen Berbicara dan Menulis. Ada dua level TOEFL ITP: Level 1 (menengah hingga lanjutan) dan Level 2 (tinggi awal hingga menengah). Skor TOEFL ITP dipetakan ke CEFR dan peserta tes diberikan sertifikat pencapaian. [


TOEFL Junior Tests

ETS juga menawarkan tes TOEFL Junior, penilaian umum kemahiran bahasa Inggris tingkat sekolah menengah. Ini ditujukan untuk siswa berusia 11+. Tes ini diberikan dalam dua format: TOEFL Junior Standard (di atas kertas) dan TOEFL Junior Comprehensive (melalui komputer). Tes TOEFL Junior Standard memiliki tiga bagian: Pemahaman Bacaan, Pemahaman Mendengarkan, dan Bentuk dan Makna Bahasa. Tes TOEFL Junior Comprehensive terdiri dari empat: Pemahaman Membaca, Pemahaman Mendengarkan, Berbicara dan Menulis. Skor TOEFL Junior dipetakan ke Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR) dan peserta tes diberikan sertifikat pencapaian.

Tes diberi skor pada skala 0 hingga 300 di setiap bagian, dijumlahkan untuk menentukan skor total (0 - 900). Skor kelulusan minimum adalah 600, sesuai dengan 200 skor untuk setiap bagian.

ETS telah merilis tabel untuk mengkonversi antara skor iBT, CBT dan PBT. 


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Test_of_English_as_a_Foreign_Language

0 Response to " Toefl Pengertian dan Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar