Label 1

unsur intrinsik dan ekstrinsik

Mengapa unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah puisi harus menjadi perhatian penyunting?

 1. Mengapa unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah puisi harus menjadi perhatian penyunting? Ada dua unsur-unsur puisi yang perlu dimengerti, yakni unsur intrinsik yang terdiri dari fisik dan batin, serta unsur ekstrinsik. Unsur-unsur puisi intrinsik adalah unsur puisi yang membangun puisi dari dalam. Sedangkan unsur-unsur puisi ekstrinsik adalah unsur yang membangun puisi dari luar. Fungsi kedua unsur-unsur puisi ini berbeda dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. 

Berikut merupakan unsusr Intrinsik seperti 

 Diksi 

 Imaji

  Kata Konkret

  Gaya Bahasa

  Rima 

 Tipografi

  Tema 

 Rasa 

 Nada 

 Amanat

 Sedangkan Unsur Extrinsik seperti

  Unsur Biografi

  Unsur Nilai 

 Unsur Masyarakat

 Berdasarkan penjelasan diatas pastinya seorang penyunting pastinya memerlukan perhatian penuh dalam ke dua unsur ini intrinstik dan extrinstik agar dapat mengetahui,memperbaiki serta menganalisa isi teks dan juga kepada siapa target pembaca yang dituju agar para pembaca dengan mudah dapat memahami tujuan dari teks tersebut.

2. Lengkapi penjelasan anda terhadap soal diatas dengan satu contoh puisi karya siapa saja beserta terjemahannya! Bagaimana menurut kalian terjemahan puisi tersebut dan apa saja yang harus disunting dari contoh puisi terjemahan tersebut? 


The One Best Friend Thanks for being there for me, through good times and bad times. I will be on your side even if the world ends. When the world is going, I will be here, now and until the end. You are my very best friend. The one that I look up to. The one that I run to when I have a problem. The one that I talk to. You are the one best friend that was always there for me. I wanna thank you for all the things you gave and showed me.

 Satu-satunya Teman Terbaik Terima kasih untuk berada di sana untuk saya, melalui saat baik dan saat buruk. Saya akan berada di sisi Anda, bahkan jika dunia berakhir. Ketika dunia akan terjadi, (ketika dunia sedang berputar) Saya akan berada di sini, sekarang dan sampai akhir. Anda adalah teman saya yang terbaik. (kamu adalha teman terbaik bagi ku) Salah satu yang saya jadikan panutan. (Seorang yang aku hargai) Salah satu tempat saya berlari, ketika saya punya masalah. Salah satu yang saya ajak bicara. (Seorang tempat saya mengadu) Anda teman terbaik yang selalu ada untuk saya. Saya ingin berterima kasih untuk semua hal yang Anda berikan dan tunjukkan. 

Note : Menurut saya ada beberapa kalimat yang perlu diperbaiki pada karya puisi diatas seperti pada kalimat yang bergaris tebal di atas, hasil terjemahan diatas mernurut saya kurang tepat karena makna yang dimaksud dari bahasa sumber tidak sesuai dengan bahasa sasaran, adapun prosedur penerjemahan yang saya gunakan menggunakan Kalimat disamping menggunakan prosedur penerjemahan Deskriptif di mana penyunting memberikan ‘uraian’ yang berisi makna kata yang bersangkutan karena penerjemah tidak dapat menemukan terjemahan/padanan kata BSu (baik karena tidak tahu/ belum ada dalam Bsa). karya oleh Belle

0 Response to "unsur intrinsik dan ekstrinsik"

Posting Komentar